Berlangganan

Drag Race Truk Volvo vs Ferrari Spider



Produsen otomotif asal Swedia, Volvo, telah membuat sebuah truk tercepat di dunia. Hebatnya, Truk berkelir hijau ini menggunakan teknologi hybrid.

Dilansir Carbuzz, Senin 26 Maret 2012, Volvo truk memiliki mesin D16, yang memadukan motor listrik dan baterai. Pemilik Volvo Truk, Ron Huibers mengatakan makna warna hijau pada truknya merupakan penggabungan kemampuan para teknisi Volvo dan pengembangan teknologi.

"Para teknisi kami menggabungkan kemampuan untuk menghasilkan Volvo berteknologi hybrid dengan menyertakan kemampuan ratusan teknologi bus Volvo lain di seluruh dunia," ujar Ron Huibers.

Volvo truk menggunakan transmisi semi otomatis-manual I-Shift yang memiliki kecepatan 265 km/jam. Dengan adanya motor listrik, tenaga truk ini mencapai 200 hp dan torsi 885 lb-ft, sehingga total seluruh tenaganya menjadi 2.100 hp dan torsi puncak 5.000 lb-ft.

Truk Volvo ini memiliki desain aerodinamis dengan kemampuan yang mampu menciptakan rekor tersendiri. Hal yang sudah dilakukan adalah uji jarak sepanjang 500 meter. Truk Volvo hybrid akan mematahkan kecepatan yang ada saat ini, yakni 265 km/jam di landasan Historic Wendover Airfield di Utah, Amerika Serikat, 27 April mendatang.

• VIVAnews